BLACUK – Ramah Lingkungan

Blacuk Tas Blacu Ramah Lingkungan

Blacuk. Namanya terdengar seperti sapaan khas akrab gaya Suroboyoan, “Djancuk” atau “Diancuk”. Meskipun demikian, Blacuk tidak lahir di wilayah Timur pulau Jawa itu. Sebaliknya nama ini lahir di ujung Barat pulau ini, Jawa Barat, tepatnya di Kota Hujan, Bogor.

Lahir dari pemikiran dua orang sahabat lama yang kotanya baru saja menelurkan sebuah kebijakan baru, yang diharapkan didukung dan ditiru oleh banyak kota lainnya, yaitu kebijakan Pelarangan Penggunaan Kantung Plastik. Kota Bogor memang sejak 1 Desember 2018 menerapkan aturan toko dan pusat perbelanjaan modern untuk memberikan kantung plastik kepada pembelinya.

Diharapkan, kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dapat digalakkan mengingat plastik merupakan bahan yang tidak ramah lingkungan karena tidak bisa terurai secara alami dan dapat mengakibatkan pencemaran kepada lingkungan

Dengan niat memberikan solusi kepada masyarakat Bogor, yang terkendala saat berbelanja, Blacuk pun lahir.

Blacuk adalah nama brand dari tas yang terbuat dari kain blacu, sebuah bahan yang lebih ramah lingkungan karena terbuat dari katun, serat alami yang bisa terurai secara alami juga.

Produk pertama blacuk (B-001) berupa tote bag lahir pada bulan Februari 2019 dengan dilakukan penjualan dan pengiriman pertamanya pada tanggal 15 Februari 2019.

Di masa depan Blacuk, bukan hanya akan memproduksi tas, tetapi berbagai hal yang mempermudah penggunanya untuk membawa benda atau barang dengan cara yang ramah kepada lingkungan dan sesedikit mungkin mengakibatkan pencemaran dan kerusakan kepada lingkungan.

Demikianlah sebuah cerita singkat tentang kehadiran Blacuk di muka bumi. Semoga langkahnya panjang dan bisa memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan lingkungan di masa tepan.

Tim Blacuk

Bogor, 17 Februari 2019